Cari

Selasa, 09 Agustus 2016

KELOMPOK 1
1.      Ahza Arzanul Haq                            (01)
2.      Annina Hurriyyati Tanzil                (02)
3.      Annisa Ramadhika Widowati          (03)
4.      Argayoga Laksana Satyagraha       (04)

XII IPS 2
SMA NEGERI 1 BOYOLALI

KOMUNIS DI CINA

Pada akhir tahun 1949, Amerika Serikat sebagai pimpinan blok barat (liberal kapitalis) dikejutkan setelah meluasnya pengaruh sosialis komunis di wilayah Asia yang disebabkan oleh kemenangan komunis di daratan Cina, sehingga lahirnya negara komunis cina dengan nama Republik Rakyat Cina atau RRC tahun 1911 dengan presiden Dr. Sun Yat Sen.
Pada tahun 1922 pemerintahan republik runtuh dan kaum militer yang berkuasa, oleh karena ada dua pemerintahan dalam satu wilayah Cina, terjadilah perang saudara dua kelompok yang dominan, yaitu Kuo Min Tang (Partai Nasionalis Cina) yang dipimpin Sun Yat Sen dengan merekrut mahasiswa kemudian digantikan oleh Chiang Kai Shek dan PKC dipimpin oleh Mao Ze Dong. Kedua kelempok tersebut berebut kekuasaan sehingga terjadi perang saudara. Untuk mencari dukungan, Mao Ze Dong melakukan long march dengan mengelilingi pegunungan Yunan. Langkah mao ini cukup sukses dengan diperolehnya dukungan dari kalangan petani pedesaan yang merupakan kelompok mayoritas.
Tujuan dilaksanakan long march:
a)      Untuk menjauhkan diri dari pusat kekuatan nasionalis.
b)      Daerah utara adalah daerah pertanian subur.
c)      Untuk mendekatkan diri dengan kelompok Partai Komunis Cina.
d)      Untuk mendekati Jepang yang menjadi musuh Kuo Min Tang.
e)      Untuk mencari kader komunis yang terpercaya.
f)       Untuk menunjukkan keuletan kaum komunis.
g)      Menyebarkan paham komunis di sepanjang jalan yang dilaluinya.
Perang tersebut dimenangkan oleh kelompok Mao dengan mendirikan pemerintahan Republik Rakyat Cina pada tanggal 1 Oktober 1949 sehingga partai komunis Cina berkuasa. Partai komunis banyak dianut oleh mahasiswa di Beijing dan Shanghai. Pada tahun 1928 seluruh Cina berhsil disatukan dalam pemerintahan kaum nasionalis. Sementara itu, kelompok nasionalis pimpinan Chiang Kai Shek membentuk pemerintahan di Taiwan pada bulan Mei 1950 yang berideologi sama dengan Amerika Serikat, yaitu demokrasi. Selama Perang Dingin berlangsung Cina memiliki pengaruh yang penting, yaitu :
a)       Cina muncul sebagai negara yang mempunyai potensi besar sebagai sasaran perluasan ideologi.
b)       Cina memiliki peran sentgral bagi ideologi yang akan dimenangkan dalam perang dingin.
c)       Posisi Cina yang strategis menjadi keuntungan tersendiri bagi Amerika Serikat maupun Uni Soviet dalam menyebarluaskan ideologinya masing-masing ke kawasan Asia Tengah dan kawasan Asia Tenggaa.
Kemenangan oleh Mao Ze Dong dengan partai komunisnya di Cina mengakibatkan pemerintahan di Cina hingga sekarang menerapkan prinsip-prinsip dasar komunis sebagai ideologi negara Cina.

              Sejarah kelompok Peminatan kelas 12 Platinum


0 komentar:

Posting Komentar